Tips Konsumen Jasa Epoxy

7 Tips Cari Jasa Kontraktor Cat Lantai Epoxy atau Aplikator Epoxy, ePOXY.id – Mengingat mahalnya biaya aplikasi Epoxy, oleh sebab itu kami bermaksud untuk membagikan Tips ini agar dapat meminimalisir hal-hal yang kita tidak inginkan diwaktu yang akan datang.

 

Berikut adalah tipsnya:

1. Legality

Tanyakan Legalitas kepada Kontraktor Epoxy apakah mereka sudah berbadan baik CV ataupun PT.

2. Project Portfolio

Mintalah Portofolio pekerjaan Epoxy Mereka atau bila perlu cek kesalahsatu Client mereka untuk melihat hasil pekerjaan mereka yang paling terdekat dari tempat ada jika ada.

3. Request Sample 

Jangan sungkan untuk meminta Sample di Lokasi pekerjaan. Biasanya hal ini gratis jika ukuran sample tidak lebih dari 1 meter persegi. Atau Anda bisa menggunakan Opsi yaitu memberikan mereka pekerjaan dengan luasan tertentu (kecil) sebelum Anda memberikan pekerjaan utama Anda. Dari sini Anda akan punya space untuk menilai kinerja mereka.

4. Find The Best Price

Dalam hal ini, cobalah untuk mendapatkan harga terbaik jika Anda sedang tidak dalam keadaan Deadline. Karena hal ini dapat sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki Budget yang Limit, juga hal ini dapat bermanfaat agar Anda nantinya tidak Over Budget. Anda juga jangan terlena dan tergiur dengan harga yang miring, sebaiknya Anda melakukan kroscek penuh jika mendapati hal ini. Saran kami jika dari segi harga, bukan bermaksud untuk mengesampingkan Kontraktor, carilah Aplikator Epoxy jika Anda ingin Harga Terbaik karena mereka biasanya masih perseorangan yang tentunya harga mereka masih dibawah standar (kontraktor). Namun ingat! Cari Aplikator yang berkompeten dan jangan asal pilih. Dan Aplikator Epoxy sendiri bukan pilihan tepat! Jika nyatanya Anda butuh penyedia jasa yang tertib administrasi.

5. Waranty

Anda tentu tidak ingin saat pekerjaan Epoxy Anda selesai, namun selang beberapa lama pekerjaan tersebut bermasalah. Dan sang pelaksana pekerjaan Anda tidak bertanggung jawab, hal ini tentu dapat merugikan Anda. Oleh karenanya pertanyakanlah Garansi Pekerjaan dengan jelas sebelum Anda menunjuk siapa yang akan mengerjakan pekerjaan Anda. Biasanya, garansi pekerjaan Epoxy yaitu berkisar antara 6 – 12 bulan. Jangan pula Anda mengacu kepada siapa yang lebih lama memberikan garansinya, namun carilah siapa yag paling bertanggung jawab terhadap pekerjaanya. Agar lebih aman lagi, mintalah Retensi Pembayaran 2% s/d 5% dari nilai kontrak nantinya untuk Anda ‘Keep’ selama 3 bulan sebagai hal yang dapat membuat mereka dapat lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.

6. Product and Quality

Jangan Salah, merk bahan pun dapat mempengaruhi hasil dan kualitas dari pekerjaan. Semakin terkenal Brandnya maka dapat dipastikan semakin bagus hasilnya kelak. Tanyakan juga hal ini kepada mereka. Dan hati-hati terhadap oknum yang menawarkan prodak terkenal dengan harga miring karena Anda tentu tidak mau jika kenyataannya produknya terindikasi kecurangan contohnya (homemade ingredients, original brand’s mixed by others ingredients, fake ingredients). 

Di Indonesia, dasar hukum yang menjadikan seorang konsumen dapat mengajukan perlindungan adalah:

  • Undang Undang Dasar 1945 Pasal 5 ayat (1), Pasal 21 ayat (1), Pasal 27 , dan Pasal 33.
  • Undang Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 1999 No. 42 Tambahan lembaran Negara Republik Indonesia No. 3821
  • Undang Undang No. 5 tahun 1999 Tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Usaha Tidak Sehat.
  • Undang Undang No. 30 Tahun 1999 Tentang Arbritase dan Alternatif Penyelesian Sengketa
  • Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun 2001 tentang Pembinaan Pengawasan dan Penyelenggaraan Perlindungan Konsumen
  • Surat Edaran Dirjen Perdagangan Dalam Negeri No. 235/DJPDN/VII/2001 Tentang Penangan pengaduan konsumen yang ditujukan kepada Seluruh dinas Indag Prop/Kab/Kota
  • Surat Edaran Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri No. 795 /DJPDN/SE/12/2005 tentang Pedoman Pelayanan Pengaduan Konsumen

Jadi, setidaknya pada tips tersebut menjelaskan bahwa hak konsumen diantaranya adalah hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengonsumsi barang dan atau jasa; hak untuk memilih barang dan atau jasa serta mendapatkan barang dan atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan; hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif; hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan atau penggantian, apabila barang dan atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya; dan sebagainya. (Source: UU Perlindungan Konsumen)

7. Presentasi

Ini adalah tahap akhir yang pada akhirnya calon pelaksana pekerjaan Anda memang telah benar-benar berkompeten. Jadikan dan manfaatkan waktu Presentasi ini sebagai titik final dalam menunjuk pelaksana pekerjaan Epoxy Anda sebelum Anda benar-benar menyimpulkannya.

 

Jika semua hal diatas sudah dirasa cukup, maka kini saatnya Anda memberikan kepercayaan penuh kepada mereka yang akan melaksanakan pekerjaan Anda. Cobalah untuk tidak lengah juga dan awasi pelaksanaan pekerjaan dengan sebaik-baiknya agar semua hal yang telah Anda lakukan kenyataanya belumlah cukup untuk meminimalisir hal-hal yang tidak Anda inginkan.

 

Hubungi Kami jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut terkait Pekerjaan Epoxy.

 

Terima Kasih Telah Berkunjung.

(Visited 543 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *